-->

Pages

Wednesday, 18 March 2020

UKBM EKO 3.9-4.9. Manajemen-Bagian 1


1.  Identitas

a.       Nama Mata Pelajaran   : Ekonomi
b.       Semester                        : 2 (DUA)
c.        Kompetensi Dasar        : 3.9 4.9



3.9.

Mendeskripsikan Konsep Manajemen.
4.9.
Mengimplementasikan Fungsi Manajemen dalam Kegiatan Sekolah.


d.       Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :

3.9.1.
Membedakan antara Manajemen sebagai Ilmu dengan Manajemen sebagai Seni
3.9.2
Mengkaji tujuan utama Manajemen
3.9.3.
Mengkaji manfaat Manajemen
3.9.4.
Menunjukkan Prinsip Manajemen yang harus diterapkan oleh RTK, RTP, RTPh & RTMLN !.
3.9.5.
Mengkaji tabel aplikasi Unsur Manajemen.
3.9.6.
Mengkaji tabel obyek utama Manajemen
3.9.7.
Mengkaji tabel Fungsi Manajemen
3.9.8.
Mengkaji Bidang-Bidang Manajemen
3.9.9.
Mengkaji tabel perbedaan tentang Manajemen dengan Organisasi
3.9.10.
Membandingkan aneka macam bentuk Struktur Organisasi
3.9.11.
Mengkaji Bagan Struktur Organisasi NKRI (Pemerintah, DPR, MPR, BPK, KPK)
3.9.12.
Mengkaji Bagan Struktur Organisasi NKRI : Militer (TNI & POLRI),
3.9.13.
Mengkaji Struktur Organisasi Rumah Sakit NKRI : Pendidikan, Rumah Sakit
3.9.14.
Membedakan Tingkatan Manajemen.
3.9.15.
Membedakan gaya kepemimpinan lewat tabel
3.9.16.
Mengimplementasikan Fungsi Manajemen dalam Kegiatan Sekolah
3.9.17.
Mengimplementasikan Bidang Manajemen dalam Kegiatan Sekolah
3.9.18.
Study Kasus praktek Manajemen NKRI
4.9.1.
Membuat laporan singkat secara lisan & tulisan tentang Manajemen

e.       Materi Pokok               : Manajemen
f.         Alokasi Waktu              : 9 JP x 45 Menit (405 Menit)
g.       Tujuan Pembelajaran   :




h.       Materi Pembelajaran
Alam S. 2016. Buku Siswa Ekonomi Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: esis, bab 5, halaman 365
390.

2.  Peta Konsep



MANAJEMEN
Manajemen sebagai Ilmu Vs Manajemen sebagai Seni
Tujuan Utama, Unsur, Prinsip, Obyek
Fungsi, Bidang, Perbedaan Fungsi Vs Bidang
Struktur Organisasi : Bentuk Bagan Umum, Aplikasi (Pemerintahan, TNI, POLRI, Pendidikan, Rumah Sakit, Perguruan Tinggi Negeri & Swasta)
Tingkatan, Gaya Kepemimpinan
Aplikasi Fungsi & Bidang Manajemen di Sekolah
Laporan singkat secara lisan & tulisan tentang Manajemen

3. Kegiatan Pembelajaran

a.          Pendahuluan

Sebelum belajar materi ini, silahkan Anda membaca dan memahami artikel singkat di bawah ini !    Dijawab setelah Soal PG !

Penerapan Fungsi Manajemen Dalam Aktivitas Sekolah Lewat OSIS
OSIS merupakan organisasi siswa yang sah di sekolah. OSIS adalah kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Kata “organsisasi” menunjukkan bahwa OSIS merupakan kelompok kerja sama antar pribadi yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Sebagai organisasi, OSIS dibentuk dalam rangka untuk mencapai terwujudnya pembinaan kesiswaan.
Tampak bahwasanya OSIS merupakan satu-satunya wahana kegiatan siswa di sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan. Untuk mewujudkan fungsinya sebagai wadah organisasi, OSIS harus selalu bersama-sama dengan jalur yang lain dalam mengadakan latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, dan wawasan wiyatamandala. Tanpa bekerja sama dengan yang lain, OSIS sebagai wadah tidak akan berfungsi. Tentu saja dalam kegiatan OSIS, konsep-konsep dalam manajemen harus diperhatikan. Misalnya, OSIS mempunyai rencana untuk melakukan kegiatan gerakan (penghijauan lingkungan sekolah, sehat, kedisiplinan, praktek kewirausahan, dll.).
Pertanyaan :
ØApa saja ujud aplikasi Fungsi & Bidang Manajemen dalam Manajemen OSIS suatu sekolah ?
ØTunjukkan keterkaitan antara Fungsi Manajemen OSIS dengan Bidang Manajemen OSIS !
ØTuliskan secara lengkap beserta terjemahnya dalil kehalalan tentang praktek Manajemen di Indonesia lewat Al Qur’aanul Kariim dan Al Hadiits  ! Yang Non Muslim Muslimah menyesuiakan dengan Agama dan Kepercayaannya.



v Sebelum menyelesaikan persoalan tersebut, silahkan tuntaskan terlebih dahulu Kegiatan Belajar hingga Soal Pilihan Ganda (PG) berikut & ikuti petunjuk yang ada dalam UKBM ini !
b.      Kegiatan Inti
1)  Petunjuk Umum UKBM :
a)  Baca dan pahami materi pada Buku Teks Pelajaran (BTP): Alam S, Ekonomi Klompok Peminatan IPS Untuk SMA/MA Kelas X, esis, 2016, halaman 365 390 tentang Manajemen !
b)  Setelah memahami isi materi dalam bacaan berlatihlah untuk berfikir tinggi melalui tugas-tugas yang terdapat pada UKBM ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
c)   Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan Ayooo Berlatih Ronde 1, 2, 3, Refleksi Tingkat Pemahaman, Soal Pilihan Ganda dan Soal Pendahuluan.
d)  Bilamana perintah soalnya berupa tabel, maka jawaban harus berbentuk tabel juga !
e)  Jawablah pertanyaan via Ayooo Berlatih dengan kalimat singkat, jelas dan tepat di Lembar Jawaban Tersendiri atau Langsung Mengisikan pada bagian yang telah disediakan !
f)    Soal Pendahuluan dijawab paling akhir setelah seluruhnya tuntas.
g)  Bilamana ada yang ditanyakan atau dikonsultasikan ke Guru Ekonomi, maka akan dilayani secara pribadi.
h)  Apabila sudah paham dan mampu menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan UKBM ini, maka boleh sendiri atau mengajak teman lain yang sudah siap untuk mengikuti Test Formatif agar dapat belajar ke UKBM berikutnya.

2) Kegiatan Belajar
Ayo ikuti Kegiatan Belajar berikut dengan penuh kesabaran & konsentrasi !



Ø Pada dasarnya seluruh Ummat Manusia, Pastikanlah Sebagai Pengelola Bumi. Ternyata untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dan kemakmuran mau tidak mau harus mampu mengelola 4 (Empat) Faktor Produksi/Sumber Daya Ekonomi yakni Faktor Produksi/Sumber Daya Ekonomi Asli berupa Alam dan Tenaga Manusia dan Faktor Produksi/Sumber Daya Skill .
Ø Atas dasar itulah, diperlukan ILMU EKONOMI yang namanya MANAJEMEN dan tentunya seluruh Pelaku Ekonomi yakni RTK, RTP, RTPh dan RTMLN harus menerapkannya. Nah, ikuti Pembahasannya, Sungguh Penting Banget !

Ayooo Berlatih ! Ronde 1

Jawablah secara singkat, jelas & tepat !

3.9.1.
Tunjukkan 3 perbedaan pokok antara Manajemen sebagai Ilmu dengan Manajemen sebagai Seni !
3.9.2
Tunjukkan tujuan utama belajar Manajemen !
3.9.3.
Tunjukkan 4 (empat) manfaat Manajemen !
3.9.4.
Tunjukkan obyek utama Manajemen !



3.9.5.
Tunjukkan 14 Prinsip  Manajemen yang harus diterapkan oleh RTK, RTP, RTPh & RTMLN !.
3.9.6.
Sesuai  tabel  di  bawah  ini,  merupakan  Aplikasi  Unsur  Manajemen  yang  manakah dengan mencentang kolom jawaban yang disediakan !?

No
Aktivitas
Unsur Manajemen


Man
Money
Material
Method
Market
A
B
C1
C2
C3
C4
C5
1.
Perusahaan yang Mr. CECEP bangun itu tentuya butuh mesin untuk membuat buku, di antaranya berupa mesin pemotong kayu yang lebih cepat untuk memotong kayu, lalu ada mesin untuk mencetak kayu tersebut hingga menjadi buku. Tanpa adanya mesin tersebut, Perusahaan Mr. CECEP akan mengalami kesulitan untuk  membuat buku.





2.
Perusahaan Mr. CECEP sangat butuh bahan (mentah, baku & pembantu) untuk membuat buku seperti pohon, kayu, bbm, lap mesin. Tanpa itu semua, Mr. CECEP tidak akan mampu membuat buku. Ternyata kesemuanya itu Pastikan Sungguh Penting Banget !





3.
Perusahaan yang Mr. CECEP didirikan butuh dana cukup untuk modal, membayar gaji Karyawan Karyawati & membayar pajak , membeli alat dan bahan, kepedulian sosial. Karena itu, uang & manajemennnya merupakan jantungnya Perusahaan.





4.
Setelah semua Biaya Produksi dikeluarkan & dikelola sedemikianrupa lalu Mr. CECEP akan memproduksi produksi buku-buku sesuai standar &  target yang telah ditentukan                   dengan menggunakan mesin handal & memasarkannya           sesuai segmentasi Pasar yang telah ditetapkan sebelumnya.





5.
Mr. CECEP memiliki metode yang tepat untuk membuat buku yang berkualitas. Bilamana tidak diterapkan, Pastikan Saja Produksinya Berantakan.








6.
Di Perusahaan Buku Pelajaran yang didirikan oleh Mr. CECEP, pada awalnya dikerjakan sendiri tetapi karena omzet usaha semakin besar & pangsa pasar semakin luas, maka menjadi kewalahan  dan sempat terganggu jalannya Manajemen Perusahaan. Mau tidak mau harus merekrut beberapa karyawan karyawati yang dianggap handal sesuai bidang skillnya & tugasnya masing-masing. Ternyata Mr. CECEP ikut andil mengurangi Pengangguran.         Rupanya Perusahaannya semakin maju pesat, sehingga tidaklah rugi, Dia merekrut beberapa Karyawan Karyawati handal. Oleh sebab itu, Dia menaikkan Upah/Gaji Para Karyawan Karyawatinya sebagai bentuk rasa terimakasihnya karena tidak mungkin Perusahaannya akan maju sepesat itu tanpa kehadiran                Karyawan Karyawati handalnya & tidak lupa mengeluarkan zakatnya dan sumbangan sosialnya kepada Pihak yang sedang memerlukan pertolongannya. Yang jelas, Pekerja Smart, Profesional Banget ! Pimpinan Sejati Perbanyak Berderma !








Ø Intisari Manajemen terletak pada proses sinerginya Fungsi Manajemen & Bidang Manajemen yang dikendalikan oleh Faktor Produksi/Sumber Daya Ekonomi Manusia yang Profesional. Hasil perpaduan keduanya akan menghasilkan Gaya/Model/Tipe Kepemimpinan.
Ø Meski bekal ILMU MANAJEMENNYA SETIAP ORANG SAMA PERSIS, namun dalam prakteknya akan selalu berbeda karena setiap Orang memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan lainnya baik yang bersifat ALAMI maupun BENTUKAN KARENA FAKTOR ILMU & PENGALAMAN HIDUP.
Ø Bilamana 14 Prinsip Manajemen benar-benar diterapkan dan Patuhlah Seluruh Pelakunya, Berhasillah dengan gemilang, maksimal & optimal atas Visi, Misi, Tujuan & Target suatu Badan Usaha Perusahaan, Lembaga/Organisasi/Badan/Jawatan/Instansi dan dengan sendirinya Gaya KepemimpinanYang Ideal akan tercipta.

Ayooo Berlatih ! Ronde 2




No
Nama Tokoh
Fungsi  Manajemen
A
B
C
1.
Henry fayol

2.
Sondang P. Siagian

3.
G.R Terry

4.
Harold Koontz & Cyril O’Donnel


Ø Berdasarkan tabel di atas, mengapa Teori Fungsi Manajemen dari G.R. Terry mayoritas dijadikan acuan dalam setisp LATIHAN KEPEMIMPINAN dari suatu Organisasi/Lembaga/Badan/Jawatan/Instansi baik Business maupun Non Business ?


Catatan Penting !
Ø Pada dasarnya Ilmu Manajemen itu merupakan Ilmu andalannya Badan Usaha & Perusahaan, namun bersifat fleksibel & universal. Oleh sebab itu, bisa diterapkan di Lembaga/OrganisasiNON BISNIS baik PEMERINTAHAN maupun NON PEMERINTAHAN di seluruh DUNIA.
Ø Bidang-Bidang Manajemen merupakan siklus kegiatan pokok dalam suatu Badan Usaha & Perusahaan yang harus dilaksanakan selama masih beroperasi dalam rangka mengelola Empat (4) Faktor Produksi sehingga target dan tujuan dapat diujudkan sesuai Visi Misi Lembaga/Badan Uaha/Perusahaan..

Ø Antara Bidang Manajemen yang satu dengan lainnya tidak bisa terpisahkan sehingga membentuk Mata Rantai Kekuatan Yang Kokoh dan Solid. Kesannya seolah-olah antara Orang yang satu dengan lainnya BERBEDA (KEAHLIAN, TUGAS, WEWENANG & TANGGUNG JAWABNYA), namun semuanya saling (berkolaborasi satu dengan lainnya, melengkapi, membutuhkan & menyempurnakan).

Ø Dalam prakteknya, Bidang Manajemen terdiri atas :

1.   Bidang Produksi.
Yang mengepalai bidang tsb. disebut Manager Produksi atau KABAG (Kepala Bagian) Produksi dan wakilnya disebut KASUBAG (Kepala Sub Bagian) Produksi atau KASI (Kepala Seksi) Produksi dan wakilnya disebut KASUBSI (Kepala Sub Seksi) Produksi yang bertanggungjawab urusan Manajemen Produksi.

2.     Bidang Pemasaran.
Yang mengepalai bidang tsb. disebut Manager Pemasaran atau KABAG (Kepala Bagian) Pemasaran dan wakilnya disebut KASUBAG (Kepala Sub Bagian) Pemasaran atau KASI (Kepala Seksi) Pemasaran  dan wakilnya disebut KASUBSI (Kepala Sub Seksi) Pemasaran yang bertanggungjawab urusan Manajemen Pemasaran.

3.     Bidang Keuangan/Finansial.



Yang mengepalai bidang tsb. disebut Manager Keuangan atau KABAG (Kepala Bagian) Keuangan dan wakilnya disebut KASUBAG (Kepala Sub Bagian) Keuangan atau KASI (Kepala Seksi) Keuangan dan wakilnya disebut KASUBSI (Kepala Sub Seksi) Keuangan yang bertanggungjawab urusan Manajemen Keuangan.

4.     Bidang Kepegawaian/Personalia.
Yang mengepalai bidang tsb. disebut Manager Kepegawaian atau KABAG (Kepala Bagian) Kepegawaian dan wakilnya disebut KASUBAG (Kepala Sub Bagian) Kepegawaian atau KASI (Kepala Seksi) Kepegawaian dan wakilnya disebut KASUBSI (Kepala Sub Seksi) Kepegawaian yang bertanggungjawab urusan Manajemen Kepegawaian.

5.     Bidang Administrasi termasuk Akuntansi di dalamnya.
Yang mengepalai bidang tsb. disebut Manager Administrasi atau KABAG (Kepala Bagian) Administrasi dan wakilnya disebut KASUBAG (Kepala Sub Bagian) Administrasi atau KASI (Kepala Seksi) Administrasi dan wakilnya disebut KASUBSI (Kepala Sub Seksi) Administrasi yang bertanggungjawab urusan Manajemen Produksi.

Oleh karena itu, Bidang Penerapan Manajemen pun meliputi Bidang Bidang Kegiatan tersebut dan setiap Bidang Manajemen harus menjalankan kegiatan yang kontinyu yakni Fungsi Manajemen, misalnya : Planning, Organizing, Actuating, Controlling.

Aplikasi Istilah :

1.   Manager biasanya untuk Dunia Perusahaan/Badan Usaha.
2.  KABAG & KASUBAG biasanya di Dunia Pemerintahan, misalnya PEMDA.
3.     KASI & KASI biasanya di Dunia Departemen Pemerintahan, misalnya : DEPAG (DEPARTEMEN AGAMA).

Contoh :

Manajemen Produksi meliputi kegiatan pokoknya yaitu :

1.  Planning Produksi : perencanaan atas segala hal yang berkaitan dengan Produksi (Sebelum, Selama, Pasca). Segala sesuatunya harus direncanakan secara cermat dan matang sesuai Visi Misi Lembaga/Badan Usaha/Perusahaan secara efisien dan efektif.

2.  Organizing Produksi : pengorganisasian yakni pengaturan Job Description sedemikianrupa tentang siapa saja yang melakukan kegiatan Produksi tersebut (Selama, Proses, Pasca) Visi Misi Lembaga/Badan Usaha/Perusahaan secara efisien dan efektif.
Job Description = pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab sesuai aturan main Lembaga/Badan Usaha/Perusahaan tersebut sesuai bidang keahliannya dan kebijakan yang ada di situ.

3.     Actuating Produksi : penggerakan/mobilisasi Orang-Orang yang mengurusi kegiatan Produksi sesuai Job Descriptionnya searah Visi Misi Lembaga/Badan Usaha/Perusahaan secara efisien dan efektif.

4.    Controlling Produksi : pengawasan terhadap Orang-Orang yang telah mendapatkan Job Description atas kegiatan Produksi tersebut (Selama, Proses, Pasca) sesuai Visi Misi Lembaga/Badan Usaha/Perusahaan secara efisien dan efektif. Pengawasan bukan untuk memata-matai dan mencari kesalahan, namun bilamana ada yang berbuat salah atau melanggar aturan main yang ada, maka diupayakan adanya pembinaan, peringatan dan supporting. Bilamana Pelakunya tidak mau berubah, terpaksa harus ditindak tegas.



Di atas itu hanyalah sekedar contoh dan uraian singkat. Selanjutnya, silahkan dikembangkan sendiri sambil mencari sumber terpercaya yang membahas tentang Manajemen (Produksi, Pemasaran, Personalia, Keuangan dan Administrasi).
 



NO.

BENTUK STRUKTUS ORGANISASI

ORGANISASI GARIS

ORGANISASI FUNGSIONAL

ORGANISASI GARIS & STAF
A
B
C1
C2
C3
1.
KEBAIKAN
1.
1.

2.
2.
3.
3.
2.
KELEMAHAN
1.
1.

2.
2.
3.
3.
3.
GAMBAR STRUKTUR
1.
1.

ORGANISASINYA
2.
2.
3.
3.
4.
Kecenderungan Bentuk Struktur Organisasi di Perusahaan/Korporasi Kecil



5.
Kecenderungan Bentuk Struktur Organisasi di Perusahaan/Korporasi Mnengah



6.
Kecenderungan Bentuk Struktur Organisasi di Perusahaan/Korporasi Besar



7.
Kecenderungan Bentuk Struktur Organisasi di Pemerintahan NKRI




No comments:

سرعة


Flag Counter