-->

Pages

Saturday, 22 April 2017

Tugas Kelompok, SWOT ANALYSIS KD 1. Pembangunan Ekonomi


Tugas Kelompok
Pelajaran Ekonomi SMA Kelas XI,
Kurikulum 2013,
Tahun 2014/2015
Semester Ganjil

NO.


K O M P E T E N S I     I N T I


KI-1

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI-2

Menghayati & pengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI-3

Memahami, menerapkan, mnganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang sepesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.


KI-4

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



   NO.

K O M P E T E N S I      D A S A R


1.1.

Mensyukuri penuh sabar atas pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia untuk   kesejahteraan rakyat.

1.2.
Mensyukuri penuh sabar atas karunia Tuhan YME atas keragaman dan keunggulan antar bangsa.

2.1.
Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, dan mandiri dalam upaya mengatasi  permasalahan pembangunan di Indonesia

2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,  tanggung jawab, peduli, dan kritis sebagai pelaku ekonomi

3.1.
Mendeskripsikan  konsep pembangunan ekonomi,  pertumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara
mengatasinya

4.1.
Menyajikan  temuan permasalahan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi serta  cara
mengatasinya.

3.2.
Menganalisis permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia

4.2.
Menyajikan hasil analisis masalah ketenagakerjaan di Indonesia

3.3.
Mendeskripsikan pendapatan nasional

4.3.
Menyajikan hasil perhitungan pendapatan nasional

3.4.
Mendeskripsikan  APBN dan APBD dalam pembangunan

4.4.
Mengevaluasi  peran APBN dan APBD terhadap pembangunan

3.5.
Menganalisis peran,  fungsi, dan manfaat  pajak

4.5.
Mengevaluasi peran, fungsi dan manfaat pajak


Tujuan Pokok Kegiatan
Belajar menjadi dokter di Bidang Pembangunan dan  Pertumbuhan Ekonomi.
Metode Pembelajaran
Problem Solving,  Scientific Method (Observe, Question, Explore, Associate, Communicate), Innovation Method  (Discovery_SWOT Analysis , Inquiry_SWOT Analysis, Invention_SWOT Analysis, Find_SWOT Analysis).

Tugas Kelompok I.  Pembangunan Ekonomi.
NO.

AKTIVITAS


1.

Discovery Pembangunan Ekonomi :  pembaharuan atas segala sesuatu yang ada atau dimungkinkan akan ada dalam Pembangunan Ekonomi.
Ø Ini merupakan Tahap Awal dari Innovation di Pembangunan Ekonomi.
Ø Langkah Ini dilakukan sebagai upaya proses identifikasi problematika Pembangunan Ekonomi yang sudah muncul  maupun yang diprediksi akan muncul.
Ø Gunakan Jurus Formula 5 W + 1 H (What,  Who, Where, Why, When, For Whom, How) terhadap di bawah ini !


1.1. Strength
Ø Carilah  faktor pendukung pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !

1.2. Weakness
Ø Carilah faktor penghambat Pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !

1.3. Opportunity
Ø Carilah peluang untuk mempertahankan faktor pendukung pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak JOKOWI_Kalla dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !
Ø Carilah peluang untuk meningkatkan faktor pendukung pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online secara Kualitatif !
Ø Carilah peluang untuk meningkatkan faktor pendukung pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online secara Kuantitatif !
Ø Carilah peluang untuk meminimalisir faktor penghambat Pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online secara Kualitatif !
Ø Carilah peluang untuk meminimalisir faktor penghambat Pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online secara Kuantitatif !

1.4. Threat
Ø Carilah faktor-faktor yang bisa menggagalkan/menghancurkan terhadap faktor pendukung Pembangunan Ekonomi di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !
Ø Carilah faktor-faktor yang bisa menggagalkan/menghancurkan terhadap faktor peluang untuk mempertahankan Faktor Pendukung Pembangunan Ekonomi di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !
Ø Carilah faktor-faktor yang bisa menggagalkan/menghancurkan terhadap faktor peluang untuk meminimalisir Faktor Penghambat Ekonomi di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !

2.
Inquiry Pembangunan Ekonomi : pembaharuan atas segala sesuatu sebagai upaya Follow Up & Solution yang akan diajukan/ditawarkan sebagai upaya Problem Solving melalui Wacana/Teori Problem Solving terhadap Discovery tersebut.
Ø Ini merupakan Langkah Tahap Kedua dari Innovation setelah Tahap Awal “Discovery”.
Ø Langkah ini dilakukan dengan cara Menciptakan Wacana/Teori  Problem Solving atas Discovery Pembangunan Ekonomi di atas.
Ø Gunakan Jurus Formula 5 W + 1 H (What,  Who, Where, Why, When, For Whom, How) terhadap di bawah ini !


2.1. Strength
Ø Berikan Follow Up dan Solution untuk mempertahankan faktor pendukung pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !
Ø Berikan  Follow Up dan Solution untuk meningkatkan faktor pendukung pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !

2.2. Weakness
Ø Berikan Follow Up dan Solution untuk meminimalisir  faktor penghambat Pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !
Ø Berikan Follow Up dan Solution untuk menghilangkan  faktor penghambat Pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !

2.3. Opportunity
Ø Sodorkan teori peluang untuk mempertahankan faktor pendukung pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !
Ø Sodorkan teori peluang untuk meningkatkan faktor pendukung pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono _Kalla dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online secara Kuantitatif !
Ø Sodorkan teori peluang untuk meminimalisir faktor penghambat Pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online secara Kualitatif !
Ø Sodorkan teori peluang untuk meminimalisir faktor penghambat Pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online secara Kuantitatif !

2.4. Threat
Ø Sodorkan teori pencegahan atas faktor-faktor yang bisa menggagalkan/menghancurkan terhadap faktor pendukung Pembangunan Ekonomi di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !
Ø Sodorkan teori  faktor-faktor yang bisa menggagalkan/menghancurkan terhadap terciptanya faktor peluang untuk mempertahankan Faktor Pendukung Pembangunan Ekonomi di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !
Ø Sodorkan teori faktor-faktor yang bisa menggagalkan/menghancurkan terhadap terciptanya faktor peluang untuk meminimalisir Faktor Penghambat Pembangunan Ekonomi di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !

3
Invention Pembangunan Ekonomi :  pembaharuan atas segala sesuatu dalam aktivitas Pembangunan Ekonomi berdasarkan yang sudah ada untuk dimodifikasi, dikembangkan, disempurnakan atau menciptakan yang benar-benar baru.
Ø Ini merupakan Langkah Ketiga dari Innovation setelah Discovery dan Inquiry.
Ø Langkah ini benar-benar lebih nyata sebagai upaya untuk pembuktian atas segala Teori yang sudah disodorkan lewat Inquiry di atas.
Ø Langkah ini minimal akan melahirkan/menciptakan :
1.    Teknik/Cara kerja yang lebih canggih, efisien, efektif dan produktif.
2.    Peralatan Kerja yang lebih canggih, efisien, efektif dan produktif.


1.1. Strength
Ø Ciptakanlah dan Sumbangkan segala sesuatu yang dapat  diandalkan untuk mempertahankan  atas faktor pendukung pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !

1.2. Weakness
Ø Ciptakanlah dan sumbangkanlah segala sesuatu yang dapat diandalkan untuk meminimalisir dan menghilangkan atas faktor penghambat Pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !

1.3. Opportunity
Ø Tunjukkan peluang agar mampu menciptakan dan menyumbangkan segala sesuatu untuk mempertahankan faktor pendukung pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !
Ø Tunjukkan peluang agar mampu menciptakan dan menyumbangkan segala sesuatu untuk meningkatkan faktor pendukung pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online secara Kualitatif !
Ø Tunjukkan peluang agar mampu menciptakan dan menyumbangkan segala sesuatu untuk meningkatkan faktor pendukung pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online secara Kuantitatif !
Ø Tunjukkan peluang agar mampu menciptakan dan menyumbangkan segala sesuatu untuk meminimalisir faktor penghambat Pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online secara Kualitatif !
Ø Tunjukkan peluang agar mampu menciptakan dan menyumbangkan segala sesuatu untuk meminimalisir faktor penghambat Pembangunan Ekonomi di Indonesia di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online secara Kuantitatif !

1.4. Threat
Ø Ciptakanlah segala sesuatu yang dapat dipakai untuk mencegah timbulnya faktor-faktor yang bisa menggagalkan/menghancurkan terhadap faktor pendukung Pembangunan Ekonomi di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !
Ø Ciptakanlah segala sesuatu yang dapat dipakai untuk mencegah timbulnya faktor-faktor yang bisa menggagalkan/menghancurkan terhadap segala upaya untuk meminimalisir faktor penghambat Pembangunan Ekonomi di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !
Ø Ciptakanlah segala sesuatu yang dapat dipakai untuk mencegah timbulnya faktor-faktor yang bisa menggagalkan/menghancurkan terhadap segala upaya untuk menghilangkan faktor penghambat Pembangunan Ekonomi di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !
Ø Ciptakanlah segala sesuatu yang dapat dipakai untuk mencegah timbulnya faktor-faktor yang bisa menggagalkan/menghancurkan terhadap terciptanya faktor peluang untuk mempertahankan Faktor Pendukung Pembangunan Ekonomi di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !
Ø Ciptakanlah segala sesuatu yang dapat dipakai untuk mencegah timbulnya faktor-faktor yang bisa menggagalkan/menghancurkan terhadap terciptanya faktor peluang untuk meminimalisir Faktor Penghambat Pembangunan Ekonomi di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !
Ø Ciptakanlah segala sesuatu yang dapat dipakai untuk mencegah timbulnya faktor-faktor yang bisa menggagalkan/menghancurkan terhadap terciptanya faktor peluang untuk menghilangkan Faktor Penghambat Ekonomi di Era Pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono dari berbagai Media Masa baik Offline maupun Online !

4.
Find Pembangunan Ekonomi : pembaharuan atas segala sesuatu dalam aktivitas Pembangunan Ekonomi di mana hasil Discovery, Inquiry dan Inventionnya telah hilang dan atau musnah sebagian atau seluruhnya dan apapun hasilnya, yang hilang dan ata mauu tadi harus dicari. Bilamana tidak menemukanya, maka tidak mau ya harus melakukan kembali Discovery, Inquiry dan Invention yang telah dicapai sebelumnya.
Ø  Gunakan Jurus Formula 5 W + 1 H (What,  Who, Where, Why, When, For Whom, How) terhadap di bawah ini !
v  Find of Discovery ?
v  Find of Inquiry ?
v  Find of Invention ?



GOOD  LUCK !

Post a Comment

سرعة


Flag Counter