-->

Pages

Saturday, 22 April 2017

Tugas Kelompok III. Pendapatan Nasional


3.      PENILAIAN KETERAMPILAN
Penilaian Analitika

Satuan Pendidikan   : SMA
Mata Pelajaran       : Ekonomi
Kelas/Semester        : XI /1
Indikator                   : Siswa mampu menganalisis topik yang diberikan dengan mampu menjawab setiap pertanyaan dengan tepat.
Tujuan Analitika       : Memantau perkembangan kemampuan dan pemahaman siswa tentang berbagai konsep dan penerapan ilmu ekonomi.
Jenis Tugas               : Kelompok_Proyek.
Kelompok Kerja       : III
KD                             : III. Pendapatan Nasonal.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Tugas:
1. Bacalah artikel di bawah ini !
2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan setelahnya !
RI Bakal Disesaki Jutaan Orang Kaya Baru
Indonesia diramalkan akan menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Bahkan bakal berada di deretan lima besar dunia karena ditopang dengan banyaknya Orang Kaya Baru (OKB) di Tanah Air.
Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN), Chairul Tanjung mengutip dari prediksi lembaga konsultan internasional Mc Kinsey menyatakan, sudah lebih dari 50 juta penduduk Indonesia pada 2012 masuk dalam jebakan berpendapatan menengah (middle income trap). Pendapatan per kapita mencapai US$ 3.500.
"Perkiraan ini akan melonjak menjadi 170 juta orang Indonesia masuk middle income pada 2030. Sedangkan data dari BCG, kalangan menengah kita akan tumbuh menjadi 147 juta di 2030 dari 70 juta orang di 2012. Kelas menengah kita akan tumbuh luar biasa besar," kata dia dalam Sosialisasi Rencana Strategis Kementerian Perhubungan di Jakarta, Selasa (22/4/2014).
Selain itu, tambahnya, Indonesia memperoleh anugerah berupa keuntungan bonus demografi . Negara ini berada dalam posisi menguntungkan dengan jumlah struktur penduduk yang bagus.
Artinya, sambung Chairul, persentase penduduk yang berusia muda, produktif, punya pekerjaan dan penghasilan jauh lebih besar dibanding jumlah orang yang harus ditanggung, seperti orang tua jompo dan anak-anak sekolah.
"Kalau persentase yang bekerja lebih besar maka terdapat sisa uang yang bisa menjadi modal pembangunan. Sisa uang itu akan ditabung dan dibelanjakan. Indonesia masuk ke dalam Orang Kaya Baru (OKB) dan jika punya uang kelebihan dibelanjakan," terang pengusaha media itu.
Konsumsi masyarakat yang besar, lanjutnya, bisa menyumbang terhadap perekonomian Indonesia. Selama ini, konsumsi domestik menjadi tulang punggung ekonomi negara ini. Tak heran bila Mc Kinsey menyebut Indonesia akan menjadi negara dengan perekononomian besar di urutan ketujuh dunia di 2030.
"Sedangkan kami punya visi Indonesia menjadi kekuatan lima besar ekonomi dunia dengan income per kapita US$ 18 ribu di 2030, sehingga jika dikalikan perkiraan total penduduk 300 juta orang, maka bisa menembus US$ 5 triliun di tahun itu," pungkas Chairul.
Sumber: bisnis.liputan6.com tanggal 22 April 2014.
Pertanyaan:
1.        Sebutkan dan jelaskan Dampak Positif dari bertambahnya Masyarakat Kalangan Menengah di Indonesia terhadap Pendapatan Nasional Indonesia !
2.        Bagimanakah cara mempertahankan pertambahan Masyarakat Kalangan Menengah di Indonesia ?
3.        Bagimanakah cara meningkatkan pertambahan Masyarakat Kalangan Menengah di Indonesia ?
4.        Sebutkan dan jelaskan Dampak Negatif dari bertambahnya Kalangan Menengah di Indonesia terhadap Pendapatan Nasional Indonesia !
5.        Bagimanakah cara menanggulangi Dampak Negatif pertambahan Masyarakat Kalangan Menengah di Indonesia ?
6.        Jelaskan, apa yang dimaksud dengan Masyarakat Golongan Menengah ?
7.        Sebutkan dan jelaskan karakteristik Masyarakat Golongan Menengah !
8.        Selain Masyarakat Golongan Menengah, sebutkan Masyarakat Golongan Lainnya beserta karakteristiknya masing-masing !
9.        Sebutkan dan jelaskan Dampak Positif adanya perbedaan Golongan Masyarakat di Indonesia ?
10.    Sebutkan dan jelaskan cara mempertahankan Dampak Positif adanya perbedaan Golongan Masyarakat di Indonesia !
11.    Sebutkan dan jelaskan Dampak Negatif adanya perbedaan Golongan Masyarakat di Indonesia ?
12.    Sebutkan dan jelaskan cara menanggulangi Dampak Negaitif adanya perbedaan Golongan Masyarakat di Indonesia !
13.    Bagaimanakah cara menyikapi yang Arif dan Bijaksana terhadap perbedaan Golongan Masyarakat di Indonesia yang timbul ?
14.    Tunjukkan Alamat Resmi Online Lembaga yang menangani Pendapatan Nasional dan Pendapatan Rata-Rata Penduduk di Indonesia ! Apa saja isinya !
Pedoman :
Cari jawaban berdasarkan Sumber :
1.    Online !
2.    Offline !
3.    Pendapat Pribadi/Kelompok Anda !

GOOD   LUCK   !

Post a Comment

سرعة


Flag Counter