-->

Pages

Saturday, 22 April 2017

Tugas Kelompok I. Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi

3.      PENILAIAN KETERAMPILAN
 Penilaian Analitika
SatuanPendidikan
:  SMA
Mata Pelajaran
:  Ekonomi
Kelas/Semester
:  XI /1
Indikator
:  Siswa mampu mengalisis topik yang diberikan dengan mampu menjawab setiap pertanyaan dengan tepat.
Tujuan Analitika
:  Memantau perkembangan kemampuan dan pemahaman siswa tentang :  berbagai konsep dan penerapan ilmu ekonomi.
Jenis Tugas
:  Kelompok_Proyek
Kelompok Kerja
:  I
KD
:  Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tugas:
1. Bacalah artikel di bawah ini !
2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan setelahnya !

Pendidikan = Pertumbuhan Ekonomi

Tahun ini pendidikan telah menjadi isu perdebatan yang alot di legislatif. Di Anchorage, Juneaus dan Fairbanks, ratusan guru di-PHK akibat pemotongan dana kelas. Demi perbaikan ekonomi Alaska, sekarang adalah waktu untuk mencabut pemotongan dana dan menginvestasikan dana tersebut pendidikan umum. Komisi Pembangunan Ekonomi dan Perdagangan Lokal telah mempertimbangkan membantu pembiayaan pendidikan. Mereka menyatakan bahwa komunitas bisnis membutuhkan sistem pendidikan umum yang baik .
Sistem pendidikan publik yang baik adalah dasar dari pertumbuhan ekonomi. Ketika pengusaha memutuskan lokasi bisnis, mereka hampir selalu mempertimbangkan kualitas tenaga kerja lokal dan sistem sekolah lokal. Perusahaan membutuhkan tenaga kerja terlatih, dan karyawan mereka ingin tinggal di daerah dengan sekolah yang baik untuk anak-anak mereka. Sayangnya, Alaska tidak memenuhi syarat tersebut karena adanya pemotongan dana pendidikan.
Menurut Gubernur Parnell, dana pendidikan kelas telah dibekukan dan itu berarti pemotongan dana sebesar 7 persen. Legislator dari Partai Demokrat mengusulkan menghentikan pemotongan dana, namun mayoritas Partai Republik menghentikannya. Parnell bahkan mengatakan dana kelas merupakan “hadiah utama”. Dalam beberapa hal, segala sesuatu semakin memburuk tahun ini. Parnell meningatkan akan SJR 9, resolusi untuk mengubah konstitusi kita dan mengijinkan voucher. Dengan voucher, dana publik akan digunakan untuk sekolah-sekolah religius swasta yang akan menguras sumber dana sekolah umum. Rep. Tammie Wilson juga mengusulkan tagihan yang akan mengakhiri kebutuhan pendanaan lokal. Bahkan rekan Republik-nya Paul Seaton, mengkritik proposal ini, mencatat bahwa jika negara tidak memberikan dana, kita bisa kehilangan $200 juta dana pendidikan.
Voucher, pemotongan anggaran dan tagihan untuk mengurangi kebutuhan dana pendidikan. Sistem pendidikan kami menjadi taruhan, tapi sebagai warga negara kita bisa melakukan bagian kita untuk melindunginya. Legislasi yang diperkenalkan Senator Berta Gardner akan memastikan pendanaan kelas berkorelasi positif dengan inflasi. Bahkan Gubernur Parnell mengusulkan sedikit kenaikan dana, meskipun jauh dari jumlah pemotongan anggaran baru-baru ini. Jika Anda khawatir tentang PHK guru, sekarang adalah waktu untuk menghubungi legislator dan kantor gubernur dan mendukung dana pendidikan.
Selain mengembalikan dana yang hilang, kita harus menghentikan beberapa politisi yang akan mengambil uang dari sekolah umum dan memberikannya ke sekolah swasta yang tidak akuntabel. Mengambil kekuatan dan dukungan dari sekolah negeri dan mengganti ruang kelas sekolah swasta bukanlah solusi untuk menjadikan anak-anak kita yang terbaik.
Sebuah Amerika yang tidak berdiri bersama sebagai satu untuk semua anak-anak kita akan segera ada Orang Amerika yang tidak berada di pihak yang sama dengan anak-anak bukan lagi seorang Amerika. Jangan berpikir sekolah swasta tidak akan melakukan diskriminasi untuk mengoptimalkan seleksi siswa mereka. Diskriminasi tersebut akan penting untuk keberhasilan mereka.
Karena alasan itu, tidak ada negara yang memberikan voucher untuk seluruh sekolah. Mendirikan sekolah swasta tidak berarti mendirikan sekolah yang lebih baik. Kita perlu mempertahankan semangat mengajar. Kita perlu membangun kembali kebanggaan masyarakat akan sekolah negeri . Guru-guru kami, siswa kami, dan pemimpin kami berkomitmen untuk membuat sekolah negeri yang baik. Apakah pejabat pemerintah terpilih akan mendengarkan, dan mengembalikan dana untuk sekolah negeri? Atau mereka akan mempercepat hilangnya sumber daya dengan memberikan tagihan voucher secara sembrono? 

Sumber: http://juneauempire.com/opinion/2014-02-10/education-economic-growth

Pertanyaan :
  1. Setujukah Anda dengan judul artikel di atas ?S
  2. Sejauh mana pendidikan dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi ? 
  3. Sejauh mana pertumbuhan ekonomi dapat mempengaruhi pendidikan? 
  4. Apa pendapat Anda jikalau judul di atas diganti dengan Pembangunan Ekonomi ? 
  5. Adakah hubungan antara Pendidikan dengan Pembangunan di Indonesia ? Jelaskan ! 
  6.  Adakah hubungan antara Pembangunan dengan Pendidikan di Indonesia ? Jelaskan ! 
  7.  Adakah hubungan antara Pendidikan dengan Pembangunan  Ekonomi di Indonesia ? Jelaskan ! 
  8.  Adakah hubungan antara Pembangunan  Ekonomi dengan Pendidikan di Indonesia ? Jelaskan ! 
  9.  Adakah hubungan antara Pendidikan dengan Pertumbuhan  Ekonomi di Indonesia ? Jelaskan ! 
  10.  Adakah hubungan antara Pertumbuhan  Ekonomi dengan Pendidikan di Indonesia ? Jelaskan ! 
  11.  Sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 hingga Sekarang Per tahun 2014 ini, Republik Indonesia seharusnya sudah Makmur dan Sejahtera, namun kenyataannya sebaliknya, padahal Faktor Pendukungnya sungguh luar biasa. Oleh karena itu, sebutkan dan jelaskan Faktor Pendukung Pembangunan Nasional Indonesia ! 
  12.  Sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 hingga Sekarang Per tahun 2014 ini, Republik Indonesia seharusnya sudah Makmur dan Sejahtera, namun kenyataannya sebaliknya. Rupanya ada-ada saja Pengganggunya dan Penggerogotnya alias Penghianatnya yang luar biasa pula. Oleh karena itu, sebutkan dan jelaskan Faktor Penghambat Pembangunan Nasional Indonesia ! 
  13.  Sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 hingga Sekarang Per tahun 2014 ini, Republik Indonesia seharusnya sudah Makmur dan Sejahtera, terutama ditandai dengan Pendapatan Nasional dan Per Capita Incomenya tinggi dan Distribusi Pendapatan yang adil dan merata, namun kenyataannya sebaliknya, padahal Faktor Pendukungnya sungguh luar biasa. Oleh karena itu, sebutkan dan jelaskan Faktor Pendukung Pembangunan Ekonomi Nasional Indonesia ! 
  14. Sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 hingga Sekarang Per tahun 2014 ini, Republik Indonesia seharusnya sudah Makmur dan Sejahtera, terutama ditandai dengan Pendapatan Nasional dan Per Capita Incomenya tinggi dan Distribusi Pendapatan yang adil dan merata, namun kenyataannya sebaliknya.  Rupanya ada-ada saja Pengganggunya dan Penggerogotnya alias Penghianatnya yang luar biasa pula. Oleh karena itu, sebutkan dan jelaskan Faktor Penghambat Pembangunan Ekonomi Nasional Indonesia ! 
  15. Tunjukkan bukti-bukti nyata kesuksesan dengan Faktor Pendukungnya bahwasanya setiap Era Pemerintahan di Indonesia telah berdayaupaya untuk meminimalisir, menanggulangi dan memberantas terhadap Para Pengganggu dan Penggerogot alias Penghianat Pembangunan Nasional Indonesia ! 
  16. Tunjukkan bukti-bukti nyata kegagalan dengan Faktor Penghambatnya bahwasanya setiap Era Pemerintahan di Indonesia dalam upayanya untuk meminimalisir, menanggulangi dan memberantas terhadap Para Pengganggu dan Penggerogot alias Penghianat Pembangunan Nasional Indonesia ! 
  17. Tunjukkan bukti-bukti nyata kesuksesan dengan Faktor Pendukungnya bahwasanya setiap Era Pemerintahan di Indonesia telah berdayaupaya untuk meminimalisir, menanggulangi dan memberantas terhadap Para Pengganggu dan Penggerogot alias Penghianat Pembangunan Ekonomi Nasional Indonesia ! 
  18.  Tunjukkan bukti-bukti nyata kegagalan dengan Faktor Penghambatnya bahwasanya setiap Era Pemerintahan di Indonesia dalam upayanya untuk meminimalisir, menanggulangi dan memberantas terhadap Para Pengganggu dan Penggerogot alias Penghianat Pembangunan Ekonomi Nasional Indonesia ! 
  19.  Tunjukkan Alamat Resmi Online Lembaga yang menangani Pendapatan Nasional dan Pendapatan Rata-Rata Penduduk di Indonesia ! Apa saja isinya !

Cari jawaban berdasarkan Sumber :
1.    Online !
2.    Offline !
3.    Pendapat Pribadi/Kelompok Anda !

GOOD  LUCK !

Post a Comment

سرعة


Flag Counter