-->

Pages

Thursday, 2 July 2009

Yastie, Maskot YAST untuk openSUSE 11.2

Kiriman : vavai@vavai.com

Posted: 01 Jul 2009 05:57 PM PDT


Saat ini saya menggunakan openSUSE 11.2 Milestone 3. Salah satu icon lucu yang disertakan pada versi ini (dan versi openSUSE mendatang) adalah Yastie, logo YAST yang baru.

yastie

Yast merupakan singkatan dari Yet Another Setup Tool, tools untuk konfigurasi hardware, software, sistem dan network yang sangat powerful yang dimiliki oleh openSUSE.

Logo Yastie sendiri diambil dari binatang dengan nama Aardvark.

Aardwark

Pengambilan logo aplikasi open source dalam bentuk binatang ini meneruskan tradisi konvensi pembuatan logo yang selama ini biasa diambil (contoh: Simbol Tux Penguin untuk Linux dan Geeko Chameleon untuk openSUSE).

Waktu pertama kali logo ini terpilih banyak pengguna openSUSE yang komplain, karena menganggapnya sangat jelek. Bahkan ada yang menuduh si Yastie ini hasil selingkuhan antara Geeko dengan Bagong :-P

Saya pribadi awalnya setuju karena mungkin logonya masih dalam bentuk draft. Meski demikian, sekarang saya lihat hasilnya tidak jelek-jelek amat meski kadang saya masih suka mencari simbol YAST yang lama, yaitu Kunci pas :-) .

Anyway, mungkin nanti bisa juga binatang-binatang khas Indonesia menjadi logo-logo aplikasi open source yang populer. Kita kan masih punya Anoa, Cenderawasih, Komodo, Badak bercula 1 dll.

Post a Comment

سرعة


Flag Counter