-->

Pages

Thursday, 16 July 2009

Mari Berkebun Di Atap Rumah Kita

Kiriman : vavai@vavai.com
Posted: 16 Jul 2009 01:57 AM PDT

Sesungguhnya Allooh SWT menciptakan segala sesuatu yang ada di Langit dan di Bumi beserta antara keduanya, tidak ada yang sia-sia, semuanya sangat bermanfaat bagi Ummat Manusia manapun. Nah, mari kita dikaji Artikel kiriman dari Blog Vavai ini. Semoga bermanfaat.
Selengkapnya sebagai berikut :


tomat5

Sejak beberapa bulan yang lalu saya menyalurkan hobby saya yang sempat tertunda, yaitu berkebun. Letaknya ada di atap rumah, disamping ruang lab komputer mini berisi 10 komputer, tempat saya biasa memberikan training tentang Linux dan Zimbra Mail Server.

Dari sekian banyak tanaman yang saya coba, saya mengalami kesuksesan untuk tanaman tomat dan terong. Selain tomat dan terong sebenarnya saya menanam beberapa tanaman lainnya namun mengalami beberapa masalah. Tanaman cabe terserang kutu-kutu mungil yang membuat cabe saya layu, mentimun sering kali terkena masalah busuk pada batang dan oyong mengalami kendala jangkauan karena dia menjulur kemana-mana.

terong1

Saya masih bisa sukses menanam labu dan pare dan rasanya lumayan segar jika melihat tanaman berbunga dan berbuah. Saya bisa menulis posting blog atau membaca buku ditengah-tengah rimbun tanaman, disore hari yang cerah dan sejuk. Sayangnya dari sekian banyak tanaman, buah pare rasanya tetap pahit meski sudah saya siram dengan air sirop, hehehe…

tomat3

Kadangkala, kebun diatas atap ini juga menjadi tempat bermain yang menyenangkan bagi Zeze Vavai karena dia bisa memperhatikan perkembangan buah tomat dari sebesar kerikil kecil hingga menjadi besar sebesar bola bekel sampai nantinya berukuran cukup besar seperti tomat umumnya.

Pernah juga kebun diatas atap ini menjadi kamar mandi dadakan, karena Zeze Vavai minta mandi diatas setelah bajunya basah semua saat menyiram tanaman dengan selang air.

tomat7

Saya membeli semua bibit dan benih tanaman dari toko Trubus di pelataran parkir Carrefour Bekasi Timur, samping DPRD kota Bekasi tempat mamanya Zeze Vavai bekerja. Sebagian benih (misalnya cabe) saya ambil sendiri dari biji cabe yang hendak saya jadikan bumbu masak :-P

tomat2

Untuk pembenihan, saya menggunakan kotak tempat CD/DVD yang cukup banyak saya miliki. Kalau tanamannya sudah cukup besar, saya memindahkannya ke pot yang lebih besar yang saya beli seharga Rp. 4.900,-/buah (ingat harganya karena istimewa) sedangkan kotak CD-nya bisa saya pergunakan untuk benih tanaman yang lain.

bibit

Karena sebentar lagi bulan puasa datang menjelang, saya menyiapkan benih-benih timun suri untuk ditanam, siapa tahu bisa memetik timun suri dari kebun sendiri sebagai menu berbuka.

Ada yang punya kebun dipekarangan atau atap rumah ?
Post a Comment

سرعة


Flag Counter