linksys-router Apakah anda mengenal dengan produk-produk jaringan seperti Wireless Router ? Kalo anda mengenalnya, tentu sudah tau apa fungsi perangkat tersebut. Jika anda memiliki perangkat ini di rumah atau dikantor tempat anda bekerja, sebaiknya anda rutin melakukan upgrade terhadap firmware perangkat tersebut. Nah sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Firmware ? Firmware adalah perangkat yang mampu menyalakan komputer atau perangkat lainnya (startup) serta instruksi input/output dasar (semacam BIOS) disimpan di dalam sebuah chip yang disebut firmware. Jadi intinya adalah bahwasanya dengan adanya firmware, sebuah perangkat mampu jalan sendiri tanpa adanya dukungan Sistem Operasi.

Kenapa kita perlu melakukan upgrade firmware ini ? Update ini dilakukan biasa adalah untuk memperbaiki bug-bug yang terdapat pada versi sebelumnya dan mungkin juga terdapat tambahan fitur lainnya.
Bagaimana melakukan upgrade firmware ?
1. Persiapkan dahulu sebuah UPS untuk antisipasi padamnya listrik. Karena dalam melakukan update ini tidak boleh sampai terjadi kegagalan dikarenakan mati lampu. Kalo hal ini terjadi, besar kemungkinan perangkat anda akan menjadi ganjal pintu :)
2. Dapatkan Wireless Router Model Number dan Version Number.
Untuk mendapatkan nomor ini kita cukup melihat tulisan pada bagian bawah dari perangkat tersebut.
Gambar Model dan Versi Linksys
Dari gambar diatas didapatkan bahwa Model perangkat adalah WRT54GS dan versi 6.
3. Download software firmware terbaru dari Wireless Router.
Kunjungi situs linksys.com -> Support –> Technical Support dan masukkan model number (contoh, WRT54GS) -> Kemudian klik pada “Downloads” –> Pilih Versi yang diinginkan –> Klik download link pada bagian firmware. Nantinya anda akan mendapatkan informasi seperti contoh dibawah ini :
  • Release Date: Contoh, 05/20/2008
  • Firmware Version Number: Contoh, Ver.7.2.06
  • Download Size and Link. Contoh, 1.66 MB
  • Release Notes for the new firmware

Atau bisa langsung melalui Direct Download link :
4. Backup dahulu Linksys Wireless Configuration
Sebaiknya sebelum melakukan upgrade, backup dahulu konfigurasi Linksys Wireless Configuration. Melalui tampilan Web, Pilih Administration -> Config Management -> Backup -> Config.bin, Simpanlah file ini kedalam komputer anda.
Proses Backup Configuration
5. Melakukan Upgrade Linksys Wireless Firmware
Untuk melakukan Upgrade Firmware, kita buka tampilan web interface, lalu Administration -> Firmware Upgrade –> Pada bagian “Please select a file to upgrade” klik tombol Browse –> Cari file yang sudah kita download diatas, Kemudian Klik Tombol Upgrade.

Selama proses upgarde, kita jangan melakukan apa-apa terhadap tampilan Web Interface. Biarkan proses berlangsung hingga selesai.
Proses Upgrade Firmware
Selesailah sudah proses Upgrade Firmware Linksys Wireless Router. Selamat Mencoba.