-->

Pages

Monday, 16 February 2009

PASTIKAN SUSAH PEMBUATAN BLOGNYA (PSPB)

Ini kisah nyata dari SUHU PSPB RONGGOLAWEZ21 tentang bagaimana susahnya membuat WEBLOG bagi Pelajar yang diajar oleh SUHU sendiri maupun oleh Profesor Muhammad Wasil. Siapa bilang membuat WEBLOG itu susah ? Gampang koook ... ! Eit, eit, eiiit ... you semua sudah salah memberikan testimoni ! Jangan GR dulu ! Ingin tahu kisahnya. Ikuti terus kelanjutannya !



Bilamana hanya sekedar membuat WEBLOG melalui http://www.blogger.com itu sangat mudah. Bilamana ingin dikembangkan ke tayangan yang aneh-aneh tentu memerlukan Ilmu Tersendiri. Tentunya lebih ribet begitu. Meskipun ribet, asalkan sabar, tekun, telaten dan konsentrasi, tentunya ada solusi juga. Letak permasalahannya ada di Pesawat Komputer dan Tangan Jahil Sebagian Pelajar , padahal Speedy sudah sangat diandalkan oleh SMA Negeri 1 Kraksaan sejak Tahun Ajaran Baru 2008/2009. Pesawat Komputer kok disalahkan ? Pelajarnya kok jadi sasaran, apa memang benar demikian adanya ? Hooweee ... !!! Memangnya SUHU suka bohong.

Ah ... ! Ngomong-ngomong kisahnya tak usah panjang-panjang, capek dech. Jadi, singkat kata singkat ceritera saja.
  1. Jumlah Komputernya tak seimbang dengan jumlah murid. Idealnya 1 murid 1 komputer. Lha ini masalahnya, bahkan 1 komputer dikeroyok 5 murid, ya nyonyor komputernya. Lebih tragis lagi Komputernya diuyeg-diuyeg dan diithik-ithik oleh sekitar 750 Anak per hari, mulai Jam 06.45 s.d. 16.00. Padahal SUHU sudah ngalahi mau menemani Murid baik yang diajar oleh Profesor Muhammad Wasil maupun SUHU sendiri, bahkan jam pulang sekolah yang seharusnya jam istirahat dan ada ongkos perhitungannya baik Pihak Sekolah maupun dari Murid itu sendiri, SUHU menggratiskannya alias LAYANAN PRIBADI SEMATA. Bilamana kerja di Perusahaan, oooh tentunya akan menjadi Mesin Uang Yang Luar Biasa bagi SUHU, baik ketika Memandu, Membenahi Yang Rusak, Merawat, Menjaga dan mengelola LABKOM.
  2. Seringkali loadingnya sangat lambat. Penyebabnya, bisa dari Layanan Google itu sendiri yakni jaringan terlalu sibuk, serangan virus yang sedang bikin markas di dalam Komputer terutama Hard Disk, pasca listrik PLN padam tiba-tiba baik dari PLN itu sendiri maupun Meteran Listrik di Sekolah yang seringkali bermasalah. Meskipun sudah dibenahi berulang-ilang, namun toh nyatanya ya seperti itu sampai sekarang. Sebenarnya solusinya mudah saja yakni DESIGN ULANG SEDIKIAN RUPA, namun sayangnya memerlukan Uang Yang Cukup Besar. Loading lambat bisa pula karena akibat dari ulah sebagian Pelajar itu sendiri, misalnya : asal pencet tombol, duduk tak pedulikan lingkungannya di mana kabel listrik diinjak sampai penyet, konektor kabel UTP ditabrak sana tabrak sini, CPU hidup sodok sana sodok sini, saat hidup tiba-tiba tombol stavolt terbunuh oleh gerakan senam lantai melalui JURUS MABUKNYA NAK-KANAK (KIDS DRUNKEN MASTER). Lagi mabuk, ya tentunya tak sadar ketika gerakannya bisa mengacaukan kondisi Komputer yang sedang aktif panas bekerja.
  3. Ketidaktelitian sebagian Pelajar ketika bergabung dengan Layanan Google maupun Blogger, di mana tidak mematuhi ketentuan bakunya. Tidak teliti saat SIGN UP alias REGITRASI sebagai Member. Bilamana di awal ada masalah, biasanya cenderung untuk sulit solusinya dan selesainya. Rasain dech elu !!!
  4. Lagi enak-enaknya ngenet atau membuka suatu program, tiba-tiba listrik padam. Urus punya urus, usut punya usut, ternyata Crash dengan LABMULTIMEDIA, padahal yang dihidupkan di LABMULTIMEDIA hanya satu atau dua pesawat, apalagi semuanya. Bilamana sudah begini, seringkali menimbulkan koneksi internet menjadi lambat. Otomatis target pelajaran pada hari itu gagal bahkan gagal total.
  5. Lagi enak-enaknya ngenet, tiba-tiba putus koneksi ngenetnya. Sempat dibikin bingung dan pusing untuk mencari sebabnya. Ternyata ada yang mencabut Modemnya, atau Membunuh Stavolt Modemnya.
  6. Pernah 3 minggu berturut-turut koneksi internet gagal total. SUHU sempat bingung dan Mr. Wasil juga sempat bingung, sebab hasil deteksi menyatakan tidak ada pengaturan Jalur TCP/IP-nya maupun Lain-Lainnya alias semuanya beres sehat wal 'afiyat. Bilamana sudah demikian rasanya ingin berteriak lantang. Mau teriak, nanti dikiranya ORANG GENDENG bin SINTING BIN EDAN. Mau menjerit, nanti dikiranya ada apa begitu ... ???? Mau menangis, ah sudah tua kok suka menangis. Malu dech, kecuali dibayar dalam 1 jam senilai Rp 1 milyar. Otomatis bikin bingung, pusing dan sempat stress. Ada yang aneh, mengapa saat pelajarannya Mr. Wasil 85 % sukses ngenetnya dan mengapa pada saat pelajaran SUHU PSPB RONGGOLAWZ21 85 % gagal. Setelah di ujung puncak kebingungan, rupanya penyebabnya sepele yakni HUB LAN dipindahkan ke Ruang WAKASEK tanpa memberitahu ke SUHU. Anehnya Mr. Wasil lupa. Yang memindahkan beliau, namun lupa kalau sudah memindahkan. Anehnya lagi seluruh Makhluk Yang Ada Di Ruang WAKASEK juga tidak pernah memberitahu SUHU bilamana Mr.Wasil telah mengubah jalurnya. Maa Syaa Allooh. Subhaanalllooh. Alhamdu lil-laah akhirnya ketemu juga penyakitnya namun Target Pelajaran SUHU selama 3 minggu gagal total. Yang jelas, dalam berorganisasi itu tidak mudah dan harus terkoordinasi antar bagian agar tidak menimbulkan mis management, misunderstanding dan mis-mis yang lainnya.
  7. Ketika ngenet di LABKOM bermasalah, SUHU menginstruksikan agar ngenet di luar SMA Negeri 1 Kraksaan. Kan membayar ? Memang. Namun bisa ditekan biayanya dengan cara BERKELOMPOK dan Biaya ditanggung bersama. Inipun seringkali bermasalah. Di sekolahan bermasalah. Di luar bermasalah. Kalau sudah begini, SUHU teringat SI XL. Kasihan Manusia, Mau Ngenet Saja Kok Tak Konek Konek. Aaaapaaaaaaaaaaaa ???!!!
  8. Pada saat koneksi internet bermasalah, yang jelas jadinya ngenes berat. Apalagi Materi Pelajaran Kelas XI dan XII sama persis yakni Pelajaran Internet termasuk Pelajaran Membuat Website, minimal dalam bentuk WEBLOG. Kalau sudah begini kondisi situasinya, SUHU sempat bergumam di dalam hati yakni LEBIH ENAK PELAJARAN NON TIK dan Bapak Ibu Guru yang lain tahu apa tidak, paham apa tidak bahwasanya SUHU sudah banyak membantu Pelajaran Mereka. Why ? Khusus di pasca bel pulang, banyak di antara Pelajar ngenet karena ada Tugas dari Guru Ini dan Guru itu. Tragisnya Pelajarnya tak tahu Alamat URL-nya dan Caranya, termasuk Gurunya juga tak tahu. Hanya menyuruh doang. Kalau sudah begini, mau tak mau SUHU harus memandu mereka. SUHU juga banyak mengarahkan mereka di saat Pelajaran TIK, misalnya mengarahkan ke URL mana saja yang cocok untuk dijadikan Sumber Belajar Online Untuk Semua Jenis Pelajaran di Tingkat SMA. Bilamana SUHU menuruti EGO dan Wawasan Sempit, tentunya hanya mengarahkan mereka ke Pelajaran TIK SAJA. Namun tidaklah demikian. Apalagi saat-saat ini, semua Pelajaran harus berbasis TIK alias men-TIK-kan Semua Jenis Pelajaran terutama di bidang Komputer alias Komputerisasi Semua Jenis Pelajaran.
  9. Sebagian Pelajarnya memang malas. Ada yang bergelar : Ketua RT Malas, Ketua RW Malas, Camat Malas, Bupati Malas, Gubernur Malas, Presiden Malas, Raja Malas, Ratu Malas, Maharaja Malas, dll.
  10. Akhirnya, dikrepeslah kisah ini, jadinya begini,"WEBLOG PELAJAR SMA NEGERI 1 KRAKSAAN TAK AKAN PERNAH TERWUJUD BILAMANA HANYA MENGANDLAKAN INTERNET DI SEKOLAH. MESKIPUN HANYA WEBLOG SEDERHANA, TERNYATA MEMERLUKAN WAKTU PANJANG DAN PENGORBANAN YANG CUKUP BESAR BAIK BAGI GURU TIK ITU SENDIRI, TEKNISI SEKOLAH, PENANGGUNGJAWAB LABKOM ITU SENDIRI DAN PARA PELAJAR SMA NEGERI 1 KRAKSAAN KHUSUSNYA KELAS XI DAN XII".
  11. Yang jelas INGIN SUKSES MEMANG HARUS BERENCANA, BERJUANG, BERKORBAN DAN BERTAWAKKAL KEPADA ALLAH SWT.
  12. Sementara ini dulu kisahnya. Entah bisa dilanjut apa tidak kisahnya, apa katanya nanti sajalah.
Post a Comment

سرعة


Flag Counter