-->

Pages

Tuesday, 20 January 2009

KATROK KOMPUTER MENANTANG MENJADI TEKNISI

PINGIN SUKSES PERBANYAK BERKORBAN !

KISAH II

MULAI RONTOKNYA KEKATROKAN, KEBODOHAN DAN KETERBELAKANGAN


Perkisahan Serial Pertama Berakhir, Perkisahan Selanjutnya Pastikan Begini :
  1. Bekal awal pelajaran dari sebagian sahabat Suhu sebagimana yang sudah dikisahkan pada KISAH I. Ada satu hal yang paling mengganjal di pikiran Suhu yakni SEGALA SESUATU PASTI ADA SISTIMATIKANYA BETATAPAPUN SESEDERHANANYA SISTEM TERSEBUT. DEMIKIAN PULA KOMPUTER. PASTI ADA SISTEMATIKANYA YANG MERUPAKAN DASAR FILOSOFIS BEKERJA TIDAKNYA DI ANTARA BRAINWARE, HARDWARE DAN SOFTWARE. SELAMA INI TIDAK DIKETAHUI ILMU KOMPUTER YANG DIPELAJARI TIDAK BANYAK BERARTI. IBARATNYA ORANG BEPERGIAN TANPA ARAH DAN TUJUAN. TENTUNYA AKAN MENDAPATKAN HASIL, NAMUN TIDAK MAKSIMAL DAN OPTIMAL. SAYA TAK MAU SEPERTI ITU. TEKAD SUDAH KUAT DAN BULAT,"HARUS TAHU DASAR RAHASIA FILOSOFISNYA".

  2. Dasar filosofis teka-tekinya yang terpokok saat itu mneurut SUHU PSPB RONGGOLAWEZ21 VERSION antara lain : a. Mengapa harus menancapkan kabel power listrik di saluran PLN ? b. Mengapa harus memakai Stavolt ? c. Mengapa harus mencet /menekan tombol On-Off Komputer ? d. Mengapa harus menunggu dahulu proses booting ? e. Mengapa harus mulai kerja dari tombol Start ? f. Mengapa perlu juga membuat shortcut di Layar Desktop ? g. Apa saja program Komputer itu ? h. Apakah pada saat beli Komputer, sudah dilengkapi dengan program ? i. Mengapa ketika masuk program, harus melewati perintah demi perintah, kok tidak loncat saja biar cepat sampai ke tujuan ? Pertanyaan-pertanyyaan di atas Suhu kemas dalam Formula 5 W + 1 H dan Formula Discovery, Inquiry, Invention, Find (D2F) yang saling terintregasikan satu sama lainnya.
  3. Formula 5 W+FW + 1 H sebagai berikut : What (Apa), Why (Mengapa), When (Kapan), Who (Siapa), For Whom (Untuk Siapa) dan How (Bagaimana). Seluruh pertanyaan di atas Suhu mencoba merenung dan menelusuri nya lewat Formula tersebut.
  4. Formula D2F pun Suhu padukan dengan Formula 5W+FW+1H.
  • Discovery : penemuan baru tentang sesuatu berdasarkan pada yang sudah ada, hanya saja sayangnya manusia baru tahu. Contoh : Penggalian bahan tambang semen di Merak Urak Tuban-Jawa Timur. Dahulu orang tak pernah tahu, bilamana di situ banyak tersimpan kekayaan bahan mentah pembuatan semen. Ternyata di situ tersimpan bahan mentah pe,buatan semen terbesar di Asia Tenggara. Bahan tersebut sudah ada, namun baru tahu. Contohnya lagi, Bapak Dokter dan Ibu Dokter yang tugasnya mengurusi Orang Sakit. Pada dasarnya penyakit dan namanya itu sudah ada, namun Para Dokter baru tahu setelah mengadakan eksperimen-eksperimen, minimal diagnosa penyakit. Demikian pula halnya dengan Komputer. Suhu berpikir, seluruh onderdil dan program Komputer kan sudah ada. Hanya saja, saya belum tahu seluruh namanya, kegunaannya dan cara bekerjanya. Ah ! Tugasku kan tinggal mencari yang sudah ada. Karena belum paham liku-likunya, ya pelan-pelas saja. Obyek utama saat itu yang terpenting berupa Mencermati Proses Booting, Masuk Program Ms Word, dan Shutdown. Suhu melakukannya berulangkali, sambil mencoba memahami maksud-maksud di balik tayngan yang dilaluinya. Demikian pula ketika masuk ke Ms Word. Suhu menjelajah ke sana dan kemari dengan satu prinsip,"Segala sesuatu pasti ada pantangan yang tidak boleh dilanggar dan bilamana dianggar rasakan sendiri akibatnya. Demikian pula Komputer, baik Hardware maupun Software pasti ada pantangannya. Meskipun ada bahaya, kalau hanya melihat dari kejauhan kan tak ada masalah. Yang penting tidak menyentuhnya dan apalagi mencebutkan diri ke dalamnya. Suhu saat itu ambil contoh Proyek Pembangkit Listrik. Bilamana hanya melihat dari jarak aman tertentu kan tak ada masalah. Akan tetapi akan sangat berbahaya bilamana mendekat, diuthek-uthek tanpa bekal ilmu dan apalagi dijilat-jilat. Aaah, nanti diri ini akan berubah menjadi masakan Model Afrika, bahkan lebih parah. Contohnya lagi saat pergi ke Pegunungan dan di sana ada Jurang Yang Dalam. Awas ! Jangan ke jurang tersebut ! Nanti akan terjatuh dan mati hancur ! Memang berbahaya, namun bilamana hanya melihat dari jarak aman tertentu kan tak ada masalah. Dari pemisalan ini, Suhu perbanyak berkelana terutama di Ms Word. Meskipun tidak dipandu oleh siapapun, tetap jalan terus dan sambil try and try. Setelah dirasa cukup, akhirnya ada satu KESIMPULAN,"SI PERANCANG KOMPUTER SUDAH MENDESIGN SEDEMIKAN RUPA DENGA SEGALA SUKA DUKA PENGORBANANNYA YANG AMAT LUAR BIASA. KAMU TINGGAL PAKAI SAJA, YA IKUTI SAJA KEMAUANNYA, SEBAB YA BEGITULAH CARA KERJA KOMPUTER. DIBANGUN DARI KONSEP SETAPAK DEMI SETAPAK, BAHKAN TITIK DEMI TITIK. KONSEP TITIK DEMI TITIK INI, Suhu temukan setelah nekat ngeyel mencoba menjadi TEKNISI KOMPUTER, padahal tidak ada bekal pengetahuan sedikitpun tentang itu. Pokoknya,jalan sja begitu saja sambil memohon kemurahan dari Allooh SWT.
  • Inquiry : penemuan baru tentang sesuatu yang baiasanya berupa teori pemecahan masalah. Contoh : Pasca Pak Dokter memeriksa si Pasien, lalu diduga bahwasanya si Pasiennya kena penyakit ini dan penyakit itu, dengan Obat Ini dan Itu. Demikian pula dengan Komputer. Suhu masuk suatu program Ms Word bagian Menu Edit. Suhu bertanya, mengapa sub-sub menunya dikelompokkan ke dalamnya, kok bukan ke Menu Lain misalnya : File, atau Help ? Setelah diuthek-uthek, akhirnya menemukan rahasianya yakni ternyata EDIT itu mengatur sedemikian rupa agar hasil pekerjaan menjadi lebih baik dan sempurna. Pantas saja sub menunya seperti itu. Oooh ! Berarti Edit itu intinya untuk mengatur pekerjaan yang sedang digarap. Demikian pula program lainnya. Intinya, Suhu banyak try and try dan sekaligus merenungkan maksudnya. Alhmadu lil laah dengan cara begitu. Yang sudah diuthek, tidak lepas lagi alias tidak lupa.
  • Invention : penemuan sesuatu denga cara menciptakan sesuatu yang baru berdasarkan ciptaan yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, immodium obat ampuh sakit mencret. Ini diciptkan karena obat mencret yang ada sudah tidak manjur lagi atau barangkali mencrtnya kelewatan batas, sehingga perlu Model Baru. Demikian pula dengan Komputer. Suhu buan pencipta Hardware maupun Software, namun hanyalah sebatas pengguna yang sedang belajar. Lalu apa yang dilakukan dengan Teori Invention ini ? Yang Suhu lakukan, setelah bersusahpayah uthek sana dan uthek sini, akhirnya muncul pertanyaan dalam bentuk Discovery dan Inquiry, akhirnya Suhu berhasil menemukan Cara Kerja Yang Lebih Singkat dan aman dengan alasan tertentu. Misalnya, Tips Trik Suhu Dalam Menghadapi Monitor. Suhu teringat Bapak Tasron. Karena terlalu sering ngutheknya terhadap Komputer, suatu hari dalam waktu yang cukup lama, Bapak Tasron mengalami penderitaan yang hebat dalam matanya. Matanya sering kabur bilamana melihat sesuatu dan seringkali mengeluh perih dan pedih. Dari situ Suhu berhasil menemukan Cara Aman Yang Ternyata Sangat Ampuh Bagi Suhu yakni Suhu tak langsung berhadapan dengan Layar Monitor alias berada di sebelahnya, bisa kiri bisa kanan secara bergantian dan kadangkala di tengah-tengah persis. Saat itu Suhu berkata,"Hai Sinar Racun Monitor ! Kamu sekarang menghantam Ruang Kosong karena di depanmu tak ada orang. Saya ada di sebelahmu. Saya tak mau seperti Bapak Tasron. Rasain dech elu !!! Setelah berada di kanan sekian menit, lalu Suhu berpikir bilamana terlalu di sebelah kanan,"Jangan-jangan nanti sebelah kiri mata saya menjadi bermasalah alias kero alias juling !". Lalu berpindah di sebelah kiri dan begitu seterusnya. Lho kanan kiri terus, yang bagian tengah mana ? Nanti tak seimbang ? Kemudian Suhu selingi, setelah pindak kanan dan kiri, suatu waktu dalam beberapa menit berada di depan monitor langsung. Alhamdu lil laah dengan cara ini, Suhu terbebas dari radiasi racun Sinar Monitor.
  • Find : penemuan baru berdasarkan sesuatu yang sudah ada, lalu dicari baik bisa ditemukan maupun tidak alias mencari sesuatu yang hilang. Komputerpun ada seperti ini banyak. Misalnya,Pak ... ! Ibu ... ! Data saya hilang ! Lalu dicoba dikembalikan dengan Program Recovery Data. Bilamana nasibnya beruntung, data yang hilang bisa kembali. Hal seperti inipun Suhu tahu-tahu sendiri karena setiap langkah menakan tombol sana tombol selalu berusaha merenungkan maksudnya. Apakah secepat itu tahunya ? Oh, tidaaaak ! Memerlukan perjuangan dan pengorbana yang luar biasa.
5. Tiga hari menjelang Ramadlan, seluruh Program Komputer hilang .
  • Suhu yang paling tertuduh, baik dengan nada serius maupun dengan nada bercanda. Bagi Suhu, serius maupun bercanda tiada bedanya, ya tetap MENUDUH.
  • Para Pakar Komputer SMAN 1 Kraksaan yang ada berusaha mengembalikan, sedangkan Suhu hanya sebagai penonton saja, sekaligus memperhatikan bagaimana cara mereka bekerja. Saat awal masuk untuk memulai perbaikan, Suhu sempat kagum bergumam,"Hebat panjenengan ! Saya tak bisa dan tak paham maksudnya ! Namun panjenengan berhasil apa tidak ! Bilamana sukses, berarti hebat beneran dan bilamana gagal, berarti saya ada peluang untuk bisa ! Di saat mereka pencet sana pencet sini, Suhu pun sempat berteori,"Mengapa tekan yang itu dan bulannya yang ini ?". Secara langsung Suhu tak pernah tahu, namun begitu mereka mengambil perintah, Suhupun berteori. Alasannya sederhana, Suhu tahu terjemahannya yang aslinya berbahasa Inggris. Terlepas teori Suhu benar atau salah, ya tetap tak tahu ! Hanya berteori doang !!!
  • Rupanya mereka gagal semua, lalu memanggil satu murid Kelas 1, namanya JUPRI. Anak ini salah satu anak didik andalannya Bapak Moh.Wasil di MEGA KOMPUTER Semampir-Kraksaan. Saat itu Bapak Wasil belum mengajar Komputer di SMA Negeri 1 Kraksaan dan memang belum ada Pelajaran Komputer. Meskipun baru kelas 1, di mata Suhu dia anak hebat karena bilamana sedang masuk program dan mengetik kecepatannya luar biasa, sedangkan Suhu harus pelan-pelan, itupun sering kepleset keliru nutul tombol sebelahnya. Ketika ditanya oleh Bapak dan Ibu Guru, dia mengatakan Insyaa Allooh Program bisa dikembalikan. Mendengar begitu, bagi Suhu ORANG KATROK TEKNOLOGI KOMPUTER ini sungguh teramat amat sensasional. "Luar biasa, luar biasa, luar biasa, alhamdu lil laah ... ! Teriak Suhu di dalam hati penuh semangat ! Apa yang dia lakukan, Suhu mencermatinya dari awal sampai akhir, namun mata Suhu kalah cepat dengannya. Akhirnya Suhu berkata lirih,"Melihat saja tak mampu, apalagi membenahi ! Keterlaluan kau ! Hai jangan dimarahi ! Saya kan sedang semangat belajar sekarang ! Siapa tahu habis ini diberi bisa oleh Allooh SWT. Singkat kata sedang terjadi Perang Batin. Suhu hanya berkesimpulan yang sangat yakin,"Meskipun tahu langkah-langkah demi langkah detailnya, Ansyaa Allooh perintah yang satu dengan lainnya saling berkaitan dan membentuk sistimatika hierarki yang luar biasa". Suhu tak tahu, namun inilah keyakinannya ! Lanjut ceritera si JUPRI. Berhasilkah dia ? Ternyata sukses ... ! Wuih ! Benar-benar hebat ! Setelah jam istirahat habis dan masuk pelajaran jam ke 5. Karena Suhu sedang kosong jam pada jam tersebut, Suhu pamitan kepada sebagian Bapak dan Ibu Guru yang ada di Ruang Guru. Pamit apa ? Pamit akan mencoba menghidupkan Komputer. Untuk apa ? Main Game Free Cell atau Solitaire. Mereka berkata,"Hati-hati lho ! Kan baru dibenahi !". Jawab Suhu,"Ya aku tahu !". Bilamana tak percaya silahkan ke sini ! Tolong lihat saya, apakah saya ini ngawur nutulnya ? Lalu Suhu mencoba masuk. Lho ... !!!!??? Kok hilang seperti semula ??? Ke mana lagi dia ? Lari ke mana dia ? Gara-gara ini, Ruang Guru agak hiruk-pikuk. Diapakan tadi ? Ya tidak diapa-apakan ? Sudah sesuai prosedur ! Ini saksinya ! Waaah !!! Semuanya bingung lagi. Lalu Suhu laporan kepada Dewan Pakar Komputer SMAN 1 Kraksaan, namun responnya negatif, justeru Suhu tertuduh meskipun sambil nada bercanda. Namun sikapnya membuat darah Suhu mendidih, Awas ! Lihat saja nanti ! Insyaa Allooh nanti saya bisa di saat Anda tak bisa ! Suhu jengkel setengah mati setengah urip kepada mereka, namun tak Suhu tampakkan. Dari kasus tersebut , Suhu langsung berpikir,"JUPRI hebat ! Program hilang, namun hilang lagi ! Jangan-jangan, setelah program berhasil dikembalikan, JUPRI tidak menutup pintunya atau lubang-lubang yang membuat programnya keluar lagi ! Mungki belum digembok ! Digembok pakai apa ? Suhu ya tak tahu. Hanya berteori doang ! Meskipun cuma Teori, namun sangat yakin. Sayangnya tak bisa membuktikan.
6. Asyiiik ... ! Ada libur 3 hari awal puasa. Waah ... kesempatan datang buatku !
  • Komputer Suhu sembunyikan di Ruang Koperasi. Mau mencoba, meskipun tanpa Ilmu, bisakah mengembalikan Program Yang Hilang. Suhu sangat yakin bilamana Programnya Tidak Hilang, hanya bersembunyi terlalu dalam. Kok tahu ? Hanya yakin saja, makanya akan dibuktikan. Selama 3 hari 3 malam non stop. Habis Sholat Subuh tidur dan jam 08.00 uthek-uthek Komputer. Berhenti ketika mandi dan Sholat Wajib. Suhu bertekad dan berani Ambil resiko, sekiranya Komputernya meledak atau terbakar,"SIAP MEMBELIKAN GANTINYA. BILAMANA TIDAK PUNYA UANG ? SIAP CARI UTANGAN, MESKIPUN SECARA PRIBADI BELUM PUNYA KOMPUTER,"NO PROBLEM !". Dasar orang HYPER KATROK, daripada kesetrum atau kena ledakan Komputer, lebih baik berjaga-jaga. Maunya pakai pelindung Kepala,minimal Helm, namun tak punya alias Ora Gablek. Sepeda Motor saja belum punya.Adanya Sepeda Pancal. Kata Orang Inggris,"BYCYCLE". Kata Orang Jawa,"BEK SIKIL". Kata Orang Indonesia,"Dengan Kaki". Ah ! Semuanya benar adanya. Senjata utama Suhu saat itu hanyalah : Tongkat Kecil Bambu 1 Meter dan Tekat 1000 % Lebih. Untuk apa tongkatnya ? Untuk nutul tombol di Keyboard ? Kan bisa langsung disentuh ? Tidak berani ? Why ? Takut tersetrum atau kena ledakannya ? Kan tak tahu. Kan bisa tanya ? Tanya ke siapa ? Ya kepada Pakar Komputer ? Aaah, itu sama saja bohong ! saya kan lagi mencoba sendiri. Apakah tanpa Guru bisa ? Ikuti terus Kisahnya ... !!!!!
  • Malam pertama , pasca Sholat Taroowiih. Mencoba mengembalikan, namun gagal, apalagi seluruh perintahnya Berbahasa Inggris. Aduuuh ! Bahasa Inggris semua ! Tidak ada Bahasa Indonesianya secuilpun ! Suhu tak menyerah ! Seluruh Kamus Bahasa Inggris dari Kelas Amuba Proteus sampai Kelas Cukup Berat yakni Hassan S. dan John Echols; Kamus Oxford dikerahkan untuk mengungkap Rahasia Perintah Demi Perintah. Karena di Kamus Manual, kosa kata yang dimaksud tidak ada,"JADI BINGUNG". Kamus kok tak lengkap, katanya Kamus lengkap,tetapi tak lengkap ! Bagaimana ini ya ??? Jangan menyerah !!!!!! Tenang !!!!! Cobalah berpikir tenang !!!!!!! Malam Pertama gagal total, kecuali ada Perubahan Yang Signifikan yakni Suhu merasa lebih mudah untuk menterjemahkan Bahasa Inggris. Selama 3 hari 3 malam Suhu dikelilingi oleh Berbagai Jenis Kamus Bahasa Inggris. Mana Kamus Komputernya, baik Digital maupun Non Digital ? Ohoooooo .... !!! Pada saat itu, Suhu benar-benar tidak tahu bahwasanya Komputer itu ada Kamusnya. Juga tak tahu, bilamana Komputer itu ada Bukunya. Dasar katrok ... !!! Memang ... !!! Malam Pertama,"SAHURNYA LOLOS !". Keasyikan di depan Komputer, jadi lupa sahur, tahu-tahu sudah Adzan Subuh. Meskipun demikian tetap Puasa. Di malam pertama ada kenangan konyol yang bikin Suhu tak akan pernah lupa. Oleh karena sebelumnya tak pernah uthel-uthek membenahi Komputer Yang Rusak, jadinya takut setengah mati. Suhu tak langsung duduk memainkan jari-jari tangan di atas Keyboard. Takut luar biasa. Jangan-jangan, begitu kirim perintah ini dan itu, lalu tekan tombol ini tombol itu, lalu terjadi konsleting tiba-tiba yang sekaligus nyetrum atau bahkan meledak, mau jadi apa saya ini nanti ? Bilamana langsung meninggal tak masalah. Bilamana wajah rusak atau ada anggota badan lainnya hancur kena ledakan, taksanggup membayangkan, mendingan kangsung mati. Apa solusinya ? Setiap menekan tombol di Keyboard, selalu pakai alat bantu TONGKAT BAMBU KECIL 1 METER. ITUPUN SANGAT HATI-HATI. Kaki berjinjit-jinjit jalan pelan sambil pasang kuda-kuda, tubuh semi miring ke kanan, kedua telinga ditutupseperti orang yang akan menyulut sebuah Mercon Besar. Selesai tekan tombol, langsung meloncat mundur dengan tenang, sambil memperhatikan, apakah ada kabel yang konslet, adakah asap mengepuldi atas Leyboard, Monitor atau CPU. Ternyata tidak terjadi apa-apa meskipun perintahnya salah. Setelah dicoba berulangkali tak terjadi apa-apa, lalu dipotong tongkatnya tinggal 0,75 meter. Karena tidak bermasalah, potong lagi tinggal 0,50 meter. Tidak bermasalah, potong lagi tinggal 0,25 meter. Tidak apa-apa, coba pakai tangan kosong. Pertama coba tekan langsung meloncat mundur,ternyata tak ada apa-apa. Coba mendekat dengan tenang, lalu meloncat mundur, tidak apa-apa. Coba duduk, tekan langsung beringsut kok tidak terjadi apa-apa, akhirnya berani duduk dengan tenang. Seluruh ketegangan hilang musnah, tinggal memikirkan bagaimana cara untuk mengembalikan Program Yang Dianggap Bersembunyi Jauh ??????? !!!!!!!! Malam pertama waktu Suhu dihabiskan untuk bermain loncat-loncatan. Kayak orang gila saja ! Hussst ! Siapa yang gila ? Bilamana tergila-gila ingin bisa memang yes ... !!!!!!!!!!!
  • Malam Kedua. Mencoba lagi. Selalu menemui jalan buntu. Suhu tidak tahu, harus mulai dari mana, sebab sementara yang diandalkan menggunakan Teori Umpan Balik pada saat meyaksikan Para Pakar Komputer Yang Uthek-Uthek sebelumnya. Selebihnya tak tahu apapun. Sebenarnya jengkel karena setiap langkah selalu muncul pertanyaan di Komputernya, sedangkan untuk menjawabnya masih terlalu bingung. Karena jalan buntu Suhu bergumam,"Ini kan Kelasnya Teknisi Komputer ! Kamu ini aneh, baru bisa begitu saja sudah menantang menjadi teknisi ! Aaah ! Cerewet kamu ini ! Dukung saja saya ini ! Saya yakin, nanti bisa ! Lihat saja nanti ! Perang Batin berkobar lagi ! Karena lahir batin sudah panas, baju dicopot alias bertelanjang dada. Suhu sangat kaget. Begitu baju dibuka, lalu duduk persisi di depan Monitor. ada apa ? Ketika pakai baju sama tidak, terlihat jauh sekali perbedaannya,"Suhu merasakan hawa panas yang tak enak menghantam dada yang terpancar dari Monitor Komputer. Pantas saja bikin penglihatannya Bapak Tasron terganggu. Dari sinilah, Suhu lebih berhati-hati dalam menghadapi Monitor Komputer. Kemudian datang pemikiran baru yang datang denga nsuasana tenang yakni : Komputer itu diciptakan dalam rangka mempermudah urusan manusia !? Anda tak ikut menciptkan Hardware maupun Sofrware !? Tugasmu hanyalah mengembalikan Program yang dianggap hilang atau tersembunyi, masak begitu saja tidak tahu. Perang batin berkobar lagi,"Mana bisa begitu ? Ini kan pengalaman pertama ? Ya harus bisa !!! Memang ! Bagaimana caranya ? Ya ini masih mikir ... !!! makanya berguru Ilmu Komputer ! Aduuh saat ini tak punya uang, utang BRI Probolinggo belum lunas ! Tunggu lunasnya ! Suhu juga merenung bahwasanya Para Pakar Komputer tentunya belajar dari Gurunya dan selebihnya kreasi sendiri. Sedangkan kamu ???? Yaaa tak tahulah !!!! Tetapi tak akan menyerah ! Kepalang basah ! Mereka punya Guru, punya Guru, sampai Guru Terakhir. Duh Gusti Allooh ... ! Siapa yang pertama kali mengajari Guru tersebut ? Masak Iblis laknatullooh !? Masak Mak Lampir laknatulooh !? Para Nabi dan Rosul juga tidak, sebab visi misi mereka adalah kesempurnaan akhlaq dan bukan untuk IPTEK. Tanpa Nabi dan Rosul, manusia bisa ber-IPTEK. OK ... !!!! Aku sadar sekarang, pasti dari Engkau Yaa Allooh ... !!! Engkau Maha Segalanya ! Engkau Maha Ilmu ! Teteskan Ilmu Komputer Yaa Allooh ! Berikanlah ilham kepadaku ... saya yain Engkau akan mengabulkannya. Suhu tak sadar alias tak tahu. Tahu-tahu tertidur di depan Komputer dan terbuai DALAM MIMPI INDAH. Apa mimpinya ? Bermimpi menjadi Operator Tunggal Komputer Raksasa di Gedung Raksasa dan Tubuh Suhu juga menjadi Raksasa. Dalam mimpi , selah-olah SUHU yang paling hebat di Gedung itu. Sangat mahir ! Sangat pakar ! Suhu terbangun kaget dan menyesal karena tertidur. Suhu telah kehilangan waktu. Namun ada harapan,kayaknya ini PETUNJUK DATANG LANGSUNG DARI ALLOOH SWT. Lalu mencoba mengingat-ingat gerakan Suhu sewaktu di alam mimpi dan dicoba untuk dipraktekkan. Apa yang terjadi ? Alhamdu lil laahi robbil 'aalamiin, sukses !!! Hanya saja , selanjutnya harus tetap mencari sendiri. Gara-gara ini, semangat berjuang timbul lagi dan bahkan lebih semangat dan lebih yakin bilamana USAHA INI TIDAK AKAN SIA-SIA. INSYAA ALLOOH. SUBHAANALLOOH WAL HAMDU LIL LAAH WA LAA ILAAHA ILLALLOOH WALLOOHU AKBAR, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BIL LAAHIL 'ALIYYIL 'AZDIM. ALLOHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD WA 'ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMAD. Kata -kata pujian inilah yang meluncur dari mulut SUHU pada saat itu. Setelah semakin masuk uthek-utheknya, lagi-lagi jalan buntu alias sudah tak mampu berpikir lagi. Teringat Jurus Do'a Sebelumnya, Suhu berdoa lagi,"Yaa Allooh ... terimakasih Engkau sudah memberiku petunjuk, namun kini mengalai jalan buntu lagi ! Berikanlah ilham Yaa Allooh. Karena capek lahir batin, tahu-tahu ngantuk dan tertidur dalam posisi duduk sekitar 5 menit dan muncul gambaran lewat Keyboard Raksasa. Suhu terbangun dan terkejut, namun bahagia karena Petunjuk Datang. Coba lagi dan sukses ... !!! Suhu banyak-banyak bersyukur kepada-Nya pada saat itu sambil terus uthek-uthek. Gambaran akan sukses sudah mulai terasa dan tercium sudah aromanya. Insyaa Allooh akan sukses besar !!!! Malam Kedua, bablas lagi sahurnya, tahu-tahu sudah adzan subuh. Meskipun demikian, tetap Puasa Ramadlan.
  • Malam Ketiga. Suhu semakin asyik dibuatnya dan semakin yakin bilamana suatu hari nanti akan menguasai Ilmu Komputer meskipun tak pintar-pintar amat, namun juga tak bodoh-bodoh amat. Lha wong SI AMAT juga tak bodoh lho ... !!!!!!??? Sekitar jam 03.00 pagi, mengalami jalan buntu yang luar biasa dan sudah tak mampu lagi berpikir jernih dan sekaligus sudah capek yang luar biasa. Masih semangat ? Tetap semangat , meskipun muncul rasa ingin berhenti saja ? Namun bilamana mundur, percuma saja pengorbana yang sudah-sudah. Aah ! Kepalang basah Ayo terus maju !!! Suhu keluarkan lagi JURUS DO'A. "Yaa Allooh ... kayaknya ini tinggal sedikit lagi saya berhasil mengembalikan Program Yang Tersembunyi ini, tetapi kini tak berdaya ... ! Turunkan hidayah-Mu ... ! Turunkan ilham-Mu ... ! Yaa Ampunilah kami semua yaa Allooh ... !!! Tiba-tiba datang kantung luar biasa dan jeg-gluuuk leher Suhu ke bawah alias tertidur dalam posisi duduk selama 5 menit. Allooh Maha segalanya, Suhu didatangi Keyboard raksasa lagi dan seolah-olah ada Orang di sebelah kanan Suhu agar menekan beberapa tombol di Keyboard. Suhu terbangun, coba terapkan dan alhamdu lil laah ... sukses ! Hingga akhirnya Suhu benar-benar bisa mengembalikan Program yang tersembunyi tersebut. Hanya saja, sayangnya belum berhasil seluruhnya. Karena ada hasil yang jelas, langsung SUJUD SYUKUR Kepada Allooh SWT ... dan keluarlah butiran-butiran air hangat dari kedua mata. Apalagi selama uthek-uthek Komputer, banyak mendapatkan Pelajaran Berharga baik tentang Kehidupan Duniawi maupun Ukhrowi. Benarkah ini sukses kebetulan ? Suhu adakan uji coba dengan cara Booting dan Shurdown berulangkali dan membiarkan sekian menit. Hasilnya meyakinkan Program tetap keluar. PR tinggal selangkah lagi, bagaimana cara mengeluarkan Program Lainnya. Suhu dibikin bingung dan penasaran karena setiap mengeluarkan Program Yang Baru, yang lama hilang. Terus berputar begitu. Kapan selesai, padahal hari ini hari terakhir Libur Awal Puasa ... ????? Setelah berpikir dan merenung keras, datanglah ilham terakhir yakni teringat MESIN PHOTO COPY. Apa rahasianya ? Mesin Photo Copy kan bertugas untuk menggandakan jumlah lembar naskah. Satu jadi 2, 3,4, 5 dan bahkan bberapa ratus lembar ? Lalu apa kaitannya dengan Komputer ? Suhu butuh satu kosa kata saja yakni COPY. Copy berarti menduplikasikan atau melipatgandakan jumlah yang sedikit menjadi banyak. Amboooy ... ! Ada apa tidak perintah Copy di Komputer dalam urusan ini ? Meskipun tidak tahu, namun haqqul yaqiin bahwasanya SI PERANCANG KOMPUTER SUDAH MENDESIGN SEDEMIKIAN RUPA. TUGAS SAYA HANYA MENCARI, MENCARI DAN MEMPRAKTEKANYA. KOnsepyang muncul ,"Program Yang Sudah Muncul Dicopy Dahulu sehinngga menjadi 3. Lalu mencoba mengambil Program Baru. Kayaknya, ada dari 3 ini yang akan disantap. Bagaimana hasilnya ? Pencarian membuahkan hasil. Setelah diklik, ternyata muncul pertanyaan yakni ke manakah anda mau mengkopi ? Suhu pikir langsung sukses ! Cerewet kamu ini ! Kok masih nanya-nanya lagi ... !? Sudah capk niiich ... !!! Besok Anak-Anak masuk sekolah lagi niiich ... !!! Ayo cepatan dong ... !? Sabar ... tak usah sewot begitu ... ? Perang Batin Terakhir Berkobar Lagi. Coba sampai ketemu ... Saat klik COPY dan ikuti perintah berikutnya, Suhu sambil ngomong,"NICH ! SEKARANG KUKIRIMI 3 ! AWAS ! JANGAN DIMAKAN SEMUA ! SISAKAN SATU SAJA UNTUKKU ! Ayo 2 : 1 kan ! Ayo emplok-emploken dach ... !!!!!". Alhamdu lil laah 3x. Yang diemplok hanya satu dan yang dua masih ada. Lalu yang satu coba dihapis, ternyata yang satu masih tetap ada. Merasa sukses, maka banyak Program yang dikeluarkan. Lalu shutdown, booting, shutdown lagi, booting lagi. Biarkan beberapa saat, shutdown dan booting lagi. ALLOOHU AKBAR ALLOOHU AKBAR ALLOOHU AKBAR !!!! SUKSES BESAR DAN SEMUA LANGKAHNYA HAPAL DAN PAHAM MAKSUDNYA !!! Suhu semakin mantab, Insyaa Allooh di masa-masa berikutnya akan lebih bisa lagi tentang Ilmu Komputer. Sebagai penutup pada acara tersebut,"SUHU SUJUD SYUKUR DAN MENANGIS BAHAGIA SAMPAI PUAS SAMPAI BASAH KUYUP LANTAINYA". Berhubung besok pagi, Anak-Anak Masuk pelajaran lagi dan senyampang Bapak dan Ibu Guru tidak tahu bahwasanya Komputernya Suhu sembunyikan di Ruang Koperasi, maka scgera pindahkan lagi ke Ruang Guru. Coba booting dan shutdown lagi, ternyata tetap sukses ... ! ALLOOHU AKBAR ALLOOHU AKBAR ALLOOHU AKBAR ! Sayangnya lagi-lagi bablas SAHUR, tahu-tahu ADZAN SHOLAT SUBUH.
  • Hikmah terselubung yang Suhu peroleh selama uthek-uthek Komputer tersebut yakni 3 hari 3 malam, 3x TAK SAHUR akan Suhu posting ke postingan berikutnya. Capek deeeech ... !
5. Tak lama kemudian, Bapak Syafiuddin membelikan lagi Pentium 1 166 MHz.



TO BE CONTINUED ----------------- >>>

Post a Comment

سرعة


Flag Counter